Sore yang Menyenangkan di Pantai Base-G

Halo semuanya..rasanya sudah lama saya ga mengepos artikel baru lagi di blog tersayang. hehehe. Ga tahu kenapa, blog saya kemarin-kemarin error, ga bisa membuat pos baru, pokoknya tampilannya berantakan–atau mungkin karena kelamaan ga dibuka-buka ya?. hehe. Yang pasti, alhamdulillah blog saya udah sehat lagi sekarang.

Pantai Dok II

Pantai Dok II: Permukaan air yang jernih serta tenang membuatnya lebih mirip danau tinimbang pantai

Oh iya, Sabtu kemarin saya dan dua sohib saya yang namanya mirip, Sarip dan Syarief, pergi ke pameran hasil lomba fotografi yang diadakan oleh komunitas fotografer LOOR di Jayapura, tepatnya di Taman Imbi. Tema lombanya tentang rekam jejak aktivitas mata pencaharian & wirausaha masyarakat asli Papua. Yang ikutan sebenarnya bukan saya, melainkan Syarief, tapi foto doi ga lolos masuk dalam pameran (tapi tetap aja dapat sertifikat dan baju kaos). Saya dan Sarip hanya tertarik melihat hasil jepretan fotografer amatir maupun profesional yang dipajang di galeri. Kami sempat ikutan workshop, tapi secepat itu pula merasa bosan. Jadi lah setelah workshop selesai, kami lihat foto-foto yang lumayan keren, lalu keluar.

Saat itu hari masih terlalu sore, dan pula cuaca sedang bagus-bagusnya mengingat hujan sering turun akhir-akhir ini. Kami pun sepakat main ke Pantai Dok II dan Base-G (baca: beisji), tapi sebelumnya makan dulu di Es Teler 77 dan shalat Ashar. Seperti di pos-posku sebelumnya, saya udah sering sekali menceritakan tentang Pantai Dok II. Pantai ini terletak di daerah Dok II, tepatnya di depan Kantor Gubernur Provinsi Papua. Pantai ini juga sering disebut Kupang, yang merupakan singkatan dari kata “Bangku Panjang” yang memang terdapat di pantai sepanjang 200an meter ini.  Tempat ini adalah fasilitas gratis untuk masyarakat Jayapura, karena ga memungut biaya masuk dan parkir. Pantai Dok II juga merupakan tempat favorit kawula muda Jayapura untuk nongkrong dan berenang–jangan harap deh bisa dapat tempat parkir kalau udah malam minggu. Bagusnya, pantai Dok II sekarang sudah terawat dengan baik dan bebas dari sampah. Jadinya makin nyaman dah nongkrong sore-sore di sini.

Gradasi warna lumut ang cantik

Gradasi warna lumut ang cantik

Pantai yang makin bersih

Foto siluet gagal, haha

Foto siluet gagal, haha

Periksa hasil jepretan

Periksa hasil jepretan

Puas ambil foto, kami langsung meluncur ke pantai Base-G yang terletak di balik Tanjung Kayu Batu (nama pantai ini kemungkinan besar diberikan oleh tentara sekutu yang dulu membangun pangkalan di Jayapura). Sekedar informasi, pantai ini telah menjadi primadona di Jayapura dari jaman baheula. Pantai ini adalah pantai pasir putih terbaik dan termahal di Jayapura; terbaik karena letaknya yang strategis serta menghadap langsung ke Samudera Pasifik; termahal karena harus bayar biaya masuk dan parkir secara terpisah. Pantai ini sempat hilang pamor saat terjadi penembakan misterius terhadap bule asal Eropa bulan Juni kemarin, yang kemudian diikuti oleh penembakan misterius lainnya di seluruh kota Jayapura, tapi seiring situasi membaik, pantai ini mulai ramai lagi.

Well, inilah foto-foto saat kami di sana:

Ini hanya sepotong kecil pantai Base-G, aslinya masih panjang ;)

Ini hanya sepotong kecil pantai Base-G, aslinya masih panjang😉

Pantai paling ujung

Pantai paling ujung

Sinar mentari sore

Secercah sinar mentari sore

Saya dan Syarief

Saya dan Syarief

Perahu di atas gulungan ombak (tiap bulan Desember, pantai di Jayapura bakalan bergelombang besar seperti ini)

Perahu di atas gulungan ombak (tiap bulan Desember, pantai di Jayapura bakalan bergelombang besar seperti ini)

Sarip

Sarip

Dunia serasa teduh

Dunia serasa teduh

Pantai Base-G adalah pantai matahari terbit, sedangkam foto matahari terbenam ini diambil di sisi yang berbeda

Pantai Base-G adalah pantai matahari terbit, sedangkam foto matahari terbenam ini diambil di sisi yang berbeda saat kami dalam jalan pulang.

77 responses to “Sore yang Menyenangkan di Pantai Base-G

  1. Subhanalloh… Maha Sempurna dan Maha Indah ciptaan-Nya…
    Mau banget kesanah, eh kira2 bisa ikut numpang tinggal ngga tetehnya?😀
    Schoen dass du wieder da bist🙂

  2. Akhirnya futu-futu indah setelah sekian lama ditungguin hadir kembali bersama cerita tentang keindahan papua…hehe

    Aaah lagi-lagi cuma bisa bilang, “kapan ya bisa ke sana”😥

  3. Assalaamu’alaikum wr.wb, Fier…

    Berada di persekitaran alam semula jadi tentu akan menerbitkan rasa syukur kerana bisa melihat kebesaran Allah dalam lukisan yang tidak dapat ditanggapi dengan sebarang alat walaupun ketikan kamera yang hanya merakam sedikit sahaja kecantikannya. Subhanallah.

    Senang apabila berada di tepi pantai sambil mendengar deru ombak dan bisikan semilir angin. Tangkapan foto-fotonya juga sangat mengasyikkan. Membuat saya cemburu kepada setiap sudut yang dipilih.

    Salut untuk keindahan pantai Base-G. Mudahan sentiasa dirawat rapi untuk menjaga kelestariannya bagi tatapan generasi mendatang.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.😀

    • Wlsm. Wr. Wb., Mbak Siti

      Saya juga senang bisa hidup di sekeliling alam yang indah. Sehingga tiada alasan untuk tidak bersyukur kepadaNya.
      Saya juga selalu berharap yang sama. Semoga keindahan alam di Jayapura senantiasa terjaga. Amin

      Salam dari Jayapura🙂

  4. Assalaamu’alaikum wr.wb, Fier…

    SELAMAT HARI IBU untuk semua anak-anak, ayah dan ibu-ibu di Indonesia yang meraikan HARI IBU pada hari ini. Sebagai menghargai ibu yang dicintai, saya menghadiahkan 2 AWARD HARI IBU untuk dijadikan kenangan dari Malaysia.

    Silakan kutip award-award tersebut di sini:

    http://webctfatimah.wordpress.com/2012/12/22/ct143-22-disember-2012-selamat-hari-ibu-untuk-sahabatku-ibu-ibu-di-indonesia/

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

  5. kalau mampir ke sini itu seakan sudah di bawa ke tempat asal gambar ini di ambil. Traveler kalau ngga jago foto-foto ya ngga afdal..😀

  6. Pingback: SUNSHINE AWARD « RANGTALU

  7. mau banget bisa bertualang seperti ini, ajak aku donggg….
    tapi bingung pasti sangat amat membutuhkan budget yang besar-_-

  8. Pingback: Ber-5 ke Pantai Pasir 6 | Eat, Pray, Travel!

  9. Pingback: Beach Skouw: A Place for a Special Dreamer | Eat, Pray, Travel!

  10. Pingback: Yoo Ramai-ramai ke Pantai Maramai | Eat, Pray, Travel!

Yang dah nyasar kesini, jangan lupa tinggalkan jejak ;-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s