Kenapa Melancong Bulan Juni?

     Gelombang besar yang menghantam kapal sejak berarung meninggalkan dermaga Pulau Phi Phi Don membuat kapal feri yang saya tumpangi ini jadi oleng naik turun. Saya sebenarnya ingin duduk dekat pintu masuk, maksudnya kalau kapal ini jungkir balik kan saya tinggal loncat aja. Tapi saya telat datangnya hingga tempat “aman” itu pun sudah ditempati. Saya pun mengambil tempat duduk berjejer 3 dibagian tengah yang kosong, dan yang pastinya ada baju pelampung. Hehe
Well, sebenarnya saya sudah tau keadaannya akan seperti ini ─ gelombang raksasa yang menerjang tak henti-hentiTentunya sebelum pergi melancong saya sudah mencari info tentang negara yang akan saya kunjungi, dan dari info tersebut menyebutkan kalau bulan Juni itu bukan waktu yang tepat untuk liburan ke pulau Phi Phi karena bulan tersebut merupakan musim penghujan. Info-info lain pun menyebutkan kalau terkadang pihak travel, bahkan dermaga, menutup aksesnya karena cuaca yang ga memungkinkan untuk pelayaran.
Terlepas dari itu semua, saya ambil positifnya aja . Pertama, kalau memang bulan Juni bukan waktu yang tepat untuk liburan ke pulau Phi Phi, pasti saat itu lah saat musim sepi. Nah, saya paling suka musim ini, karena ga perlu berebutan udara sama turis lain. Kedua, kesempatan untuk dapat penginapan pun lebih besar, karena dengar-dengar nih katanya kalau musim ramai tuh turis sampe nginap di pantai karena ga dapat penginapan Ketiga, semua harga turun ─ harga penginapan, makanan (mungkin), sampai tur lokal pun akan anjlok harganya.
Sisi negatifnya, sudah pasti, seperti yang saya alami saat ini, duduk dengan jantung berdegup kencang sambil berharap kapal tidak terbalik dan menyelam ke dasar laut . Saya liat turis lain banyak yang mukanya pada khawatir, ga tenang, pengen cepat-cepat sampai di dermaga Krabi. Bahkan, turis yang nekad duduk di haluan pada muntah-muntah . Kalau penduduk lokal sih nyantai aja, mukanya pada lempeng.com semua. Ga ada ekspresi ketakutan sedikitpun, bahkan terkesan menikmati perjalanan ini. Jiaaahhhhh..mereka udah biasa sih!
Lautan makin lama makin menggila. Gelombang setinggi 3 meter mengangkat kapal kami, lalu menjatuhkannya lagi . Hadeeuuhh, jantung saya ga henti-hentinya mencelos. Terkadang kapal miring sampai sekian derajat hingga air laut seperti ingin menerkam jendela . Si nahkodanya pun ga mau ambil resiko (walaupun sebenarnya dia sudah mengambil resiko dengan berlayar hari ini!) ─ kapal dijalankan dengan jalur zig-zag. Ia sengaja membuat haluan kapal menghadap arah datangnya gelombang agar kapal tidak meleng , karena kalau bagian cikar terlalu lama menghadap gelombang, bisa-bisa kami semua tenggelam karena kapal ambruk.
Setelah 1 setengah jam  penuh penderitaan dan doa berlalu, akhirnya kami tiba di dermaga Krabi . Fiuh, rasanya lega sekali bisa menjejak lagi di daratan. Kepala saya benar-benar oleng, membuat saya kesulitan berjalan menuju ruang kedatangan. Tapi, tak apa lah, yang penting sudah ga duduk gelisah lagi dalam kapal. Haha
Well, melalui tulisan ini, saya bukannya menganjurkan atau ga menganjurkan untuk pergi melancong ke pulau Phi Phi di bulan Juni, karena persepsi orang sudah pasti berbeda-beda akan apa yang akan dialami disana bila masih nekad juga, kayak saya . Kalau kalian memang suka melancong saat musim sepi, ga mau khawatir soal tidur di pantai, persediaan uang yang pas-pasan, hingga mencintai hal-hal yang memacu adrenalin; bulan Juni adalah saat yang pas, tapi dengan konsekuensi seperti yang saya ceritakan diatas . Namun kalau kalian ga termasuk kriteria diatas, ditambah doyan mabuk laut dan ga jago berenang, silahkan pilih bulan lain untuk melancong kesana. Akhir kata, terserah lah.

(Bersambung…)

6 responses to “Kenapa Melancong Bulan Juni?

  1. Mas, izin masukin postingan ini ke majalah Aplaus boleh gak? nanti kita masukin juga sumber sama alamat blognya. plus foto kamu juga.🙂

Yang dah nyasar kesini, jangan lupa tinggalkan jejak ;-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s