Senja Di Pulau Phi Phi

     Pertimbangan saya membayar penginapan hanya untuk 1 malam karena belum ada kepastian bagaimana dan kapan saya kembali ke Kuala Lumpur. Padahal waktu saya hanya tinggal 3 hari. Saya jadi khawatir. Bagaimana kalau ga ada tiket gabungan rute Pulau Phi Phi – Kuala Lumpur? Kalau ketinggalan pesawat gimana nih? Laporin aja kali ya ke Kedubes RI di KL? Hadeeuuhhh, makin pusing kepala saya . Saya pun cepat-cepat meninggalkan kamar untuk mencari agen travel yang menyediakan tiket gabungan rute Pulau Phi Phi – Kuala Lumpur.
Setelah berjalan kira-kira 150 meter dari penginapan, akhirnya saya menemukan agen travel yang melayani rute yang saya inginkan . Aaahhh, lega rasanya hati ini. Si petugas gondrong bertampang sangar ini ternyata baik hati . Dia menjelaskan bahwa mereka terpaksa menurunkan harga karena sekarang sedang musim sepi. Jadinya, sepaket dengan tiket ferri – minivan – bus, saya bayar 1200 Bhat.
Selain melayani rute lintas negara, agen ini juga menyediakan tur lokal keliling pantai dan pulau. Wow! Ini nih yang saya cari.  Saya ditawari tur keliling pulau yang harganya 400 Bhat, dan walaupun saya sudah setuju untuk membeli tur itu, dia menolak …lho kok? Ternyata alasan cuacalah yang membuat dia begitu. “It’s about the weather. It does rain a lot. If you still wanna take this tour, come back here again at 9 tomorrow morning. If the weather is good, then take it” katanya menasehati saya. “Okay” sahut saya .
“Mmm, do you know where the halal restaurant is?” tanya saya sebelum beranjak . “Just go ahead that way, then you’ll find the moslem restaurant..bla…bla…bla…” jelasnya. Namun saya ga mengerti kata-kata akhirnya , soalnya aksen Thai serta bahasa Inggris acak kadutnya yang bikin saya susah menangkap maksudnya. Saya liat dia nunjuk-nunjuk sebuah toko, dan memang didepan toko itu ada wanita berjilbab yang sedang duduk-duduk santai . “Em, okay” sahut saya, lalu berjalan menuju arah yang dia tunjuk.
Pas sampai di toko itu, saya liat kok kayak mini market biasa aja, kayak Ind*maret maupun Alf*mart . Saya pun berjalan lurus aja, pasti ada lah resto halal lainnya. Kelalang-keliling sana-sini, hingga akhirnya saya muncul di gerbang masuk pulau. Jiaahhhh! Mana nih resto halalnya . Eh, pas kebingungan nyari, ternyata didekat situ ada stan penjual makanan halal. Ya dah saya nyamperin. Setelah liat menunya, saya pun memesan burger keju dobel . Saat dia menggoreng daging super tipis itu, saya pun bertanya “Do you know where the halal restaurant is?”. Sepintas dia kebingungan, lalu berkata “I’m moslem. From Bangladesh”. Jiaaahhhhhhh, saya nanya apa dia jawab apa.
Setelah jadi, saya pun ke pantai di sisi lain pulau. Saya pengen nikmatin makan burger keju dobel sambil ngeliat matahari terbenam . Pantainya sih sepi, hanya ada beberapa orang (ga seperti di Kuta yang pasti ramai sekali waktu senja). Setelah pewe, saya pun menggigit burger yang mulai dingin itu, dan…jiaaahhhhhh..burgernya kok pahit gini!  Saya liat dagingnya, ya ampuuunnn, ini daging udah tipis, digoreng sampe hangus lagi! Huh, 120 Bhat hanya untuk ini?! Saya pun membuang dagingnya, lalu melahap rotinya.
(Bersambung…)
Terjemahan Dialog:
  1. “It’s about the weather. It does rain a lot. If you still wanna take this tour, come back here again at 9 tomorrow morning. If the weather is good, then take it” = “Sebenernya ini karena cuaca sih. Sekarang kan lagi sering hujan. Kalo kamu masih mau ikut tur, tunggu aja sampe besok, jam 9 pagi tepatnya kamu kesini lagi. Kalo cuacanya bagus, ikut aja turnya”
  2. “Mmm, do you know where the halal restaurant is?” = “Mmm, kamu tau ga resto halal di sekitaran sini?”
  3. “Just go ahead that way, then you’ll find the moslem restaurant..bla…bla…bla…” = “Kamu lurus aja, nah didepan sana ada resto muslim..bla…bla…bla…”


Yang dah nyasar kesini, jangan lupa tinggalkan jejak ;-)

