Keuntungan Tiket Gabungan

     Tiket gabungan (joint ticket) yang saya gunakan memang sangat menguntungkan. Tiket yang saya maksud adalah paket transportasi dari agen travel lokal yang saya gunakan dari Penang menuju pulau Phi Phi. Disebut tiket gabungan karena adanya kerja sama antarbeberapa agen travel, dimana setiap agen travel bersedia menyediakan transportasi untuk mengantar pengguna jasanya ke tempat tujuan. Jadi, bukan mobil agen travel tempat kita membeli tiket gabungan inilah yang terus mengantar kita hingga ke tempat tujuan, namun kita akan sedikit ‘berlompat-lompat’ antaragen travel , dimana dari agen pertama akan mengantar kita hingga ke tempat agen travel berikutnya, nah agen-travel-berikutnya itulah yang akan mengantar kita lagi dengan mobil yang disediakannya. Kalau masih sial , kita akan dilompatkan lagi ke agen berikutnya, hingga kita sampai ditempat tujuan.
     Ketersediaannya tiket gabungan ini tentulah sangat menguntungkan, baik untuk pihak agen travel itu sendiri maupun pengguna jasa mereka . Untuk pihak agen travel, ada pembagian keuntungan yang rata antarsesama agen, jadi ga ada agen yang memonopoli sekumpulan pengguna jasa. Nah, keuntungan buat pengguna jasa mereka, yang tak lain adalah kita , juga banyak.

  1. Kita ga perlu susah payah naik turun kendaraan umum untuk mencapai tempat tujuan, hemat biaya juga hemat waktu.
  2. Kita akan dijemput dipenginapan, jadi ga perlu menderita nunggu diterminal.
  3. Penyedia layanan tiket gabungan tersebar dimana-mana, juga melayani rute yang bermacam-macam; ada yang Penang – Pulau Phi Phi, Penang – Singapura, Pulau Phi Phi – Kuala Lumpur, dan masih banyak lagi.
  4. Harganya pas didompet, asalkan kita harus membandingkan harga dari satu agen dengan agen lainnya, dan jangan lupa keluarkan jurus tawar-menawarnya.
  5. Mereka sangat tepat waktu, kalau dibilang jemput jam segini ya jam segitu, ga ada alasan seperti ‘saya mesti bilang berapa kali sih! kalau saya bilang jam 5, itu berarti jam 6!’, hal ini dikarenakan mereka harus mengejar waktu bertolak transportasi lainnya, dalam kasus saya, mereka harus tiba jam 3 pas di dermaga Krabi karena feri terakhir menuju Pulau Phi Phi jam setengah 4. 
  6. Kita bisa dapat banyak teman karena mau ga mau kita pasti semobil dengan para pelancong lain, siapa tau kan tujuan mereka sama dengan kita, jadinya kita bisa rencanakan liburan bareng, yang akhirnya akan menekan pengeluaran kita karena bisa patungan nyewa kamar maupun makan bareng.
  7. Transportasi model ini relatif aman, karena mereka harus menjaga integritas mereka, soalnya kan ini mempengaruhi citra wisata negara mereka juga, dan tentu saja soal untung-rugi agen travel mereka sendiri.

     Selain keuntungan, tentu pasti ada yang ga mengenakan juga dari tiket gabungan ini , apa lagi kalau bukan sistem lompat-naik-turunnya, dimana kita harus turun di agen ini, menunggu 1 hingga 3 jam lamanya untuk pemberangkatan berikutnya, serta gonta-ganti mobil. Tapi ya, harus menderita dulu kan untuk mencapai kesenangan.
     Yasser dan teman-temannya ternyata akan liburan ke Pulau Samui, jadinya saat tiba di Hat Yai (dan selepas makan roti prata + KARE LAGI!) mereka berangkat duluan. Saya pun, yang semula  menduga akan semobil dengan Chloe dan Mike (si pasangan bule), ternyata berbeda mobil. Ya jelas saja, orang tujuan mereka berdua kan lain dari saya.
     Dan akhirnya, saya sekarang sudah ada diatas kapal feri yang akan membawa saya ke Pulau Phi Phi (tiket gabungan yang saya beli sepaket dengan tiket ferinya). Dermaga yang dihiasi dengan pepohonan bakau ini sedikit mengingatkan saya akan Bali (saat saya jalan-jalan dihutan bakaunya). Bedanya, hutan bakau di Bali memang dikhususkan sebagai tempat wisata serta suaka, sedangkan hutan bakau disini memang tumbuh liar. Pemandangan pegunungan limestone dikejauhan makin membuat hati saya menggebu-gebu; Ya Tuhan! Pulau Phi Phi yang dulunya hanya masih sebatas angan-angan, kini akan saya jejaki!

Tips:

  • Saat hendak menggunakan tiket gabungan, bandingkanlah harga dari satu agen dengan agen lainnya, sehingga bisa dapat yang paling murah (jangan lupa menawar).
  • Saat melompat ke agen lain, terkadang kita akan diberikan stiker imut berwarna ngejreng. Stiker ini harus ditempelkan di baju, bukan di hidung atau ransel. Jangan sampai hilang ya, karena ini untuk mempermudah pihak agen serta supir mengetahui kalau kita adalah penumpangnya.
  • Setiap melompat antaragen, kita akan diminta kwitansi pembayaran. Kwitansi dari agen pertama harus diperlihatkan pada supir, tapi jangan dikasih, harus disimpan karena nanti saat pergantian agen, petugasnya akan minta lagi ─ Kali ini, harus diberikan, karena mereka akanmembuat kwitansi baru yang akan diserahkan pada kita lagi.
  • Kondisi minivan yang akan membawa kita terkadang ada yang kinclong, standar, hingga butut. Tapi tenang aja, harga ga berpengaruh kok. Waktu saya bayar murah dari Penang, dapatnya minivan standar dengan tempat duduk nyaman serta ruang kaki luas. Eh, saya bayar mahal dari pulau Phi Phi, dapatnya minivan butut dengan tempat duduk ga nyaman serta ruang kaki yang sempit!
  • Bila kita harus menunggu berjam-jam untuk pemberangkatan berikutnya, manfaatkanlah waktu tersebut untuk menjelajahi daerah sekitar; minta peta pada agen, lalu bereksplor lah!

(Bersambung…)

Yang dah nyasar kesini, jangan lupa tinggalkan jejak ;-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s